Jalan merupakan sesuatu yang cukup penting untuk beraktifitas dan juga untuk melakukan mobilitas. Namun, tahukah kamu bagaimana cara pengaspalan jalan yang baik?

Namun sebelum itu, untuk membuat suatu jalan tentu melalui beberapa proses awal terlebih dahulu. Sebelum nantinya akan diberikan aspal panas sebagai salah satu proses pengaspalan. Ini dia proses untuk pembuatan jalan.

Tahapan Untuk Membuat Jalan Hingga Cara Pengaspalannya

Ada beberapa alur yang perlu kamu ikuti dengan baik. Ini dia langkah-langkah pengerjaan jalan.

[njwa_button id=”215″]

1. Pemetaan

Untuk tahap ini hal pertama yang perlu di lakukan adalah melakukan pemetaan. Proses ini di lakukan untuk mendapatkan ukuran jalan yang sesuai. Lalu juga untuk mengetahui koordinat jalan yang akan diaspal nantinya serta mengetahui kondisi tanah.

cara pengaspalan yang baik

2. Clearing Atau Proses Pembersihan

Sebelum masuk ke tahap cara pengaspalan jalan yang baik, maka sebelumnya di lakukan pembersihan terlebih dahulu. Ini di lakukan untuk meminimalisir titik jalan yang lembek atau membersihkan sampah yang ada di sekitar proyek jalan nantinya.

3. Stripping Atau Pembentukan Badan Jalan

Selanjutnya ada pembentukan badan jalan. Hal ini meliputi seperti pemotongan tanah yang berguna untuk memperoleh bentuk tanah yang telah direncanakan. Juga melakukan penimbunan atau juga membentuk belokan yang sesuai dengan tinggi permukaan tanah.

4. Sub Grade Atau Pemadatan

Setelah sebelumnya di lakukan penimbunan, maka selanjutnya melakukan pemadatan tanah. Sebelum melakukan pekerjaan pengaspalan, tanah sebelumnya di padatkan terlebih dahulu. Ini supaya mendapatkan lapisan yang cukup padat dan keras.

Pekerjaan Kami  6 Keunggulan Jasa Pengaspalan Bogor dari Aspalindo

Hal terpenting juga adalah, tanah harus bebas dari adanya sampah atau rumput pada proses pemadatan ini.

5. Sub Base Course Atau Proses Melapisi Bawah

Selanjutnya untuk cara pengaspalan jalan yang baik harus melalui proses penghamparan material pondasi bawah. Hal ini biasanya melakukanya dengan berupa batu kali atau batu limestone. Lalu diratakan dan di padatkan.

Untuk memadatkannya bisa menggunakan alat yaitu tandem roller. Biasanya proses ini mempunyai ukuran standar lapisan yaitu 30 cm.

6. Base Course Atau Pondasi Atas

Selanjutnya untuk dapat kualitas aspal yang bagus, perlu adanya proses lapisan pondasi atas. Lapisan dibuat untuk menyempurnakan daya dukung beban sebagai bantalan untuk lapisan permukaan.

Lapisan terbaik untuk pondasi atas ini yaitu campuran 70% batu pecahan berwarna abu-abu, lalu 30% lagi campuran abu batu atau pasir. Setelah itu dihamparkan setelahnya diratakan, kemudian di padatkan dengan menggunakan alat.

[njwa_button id=”214″]

Setelah terlihat rata, maka proses cara pengaspalan jalan yang baik selanjutnya akan di siram air.

Namun, sebelum di siram dengan lapisan ATB atau ACB perlu lapisan serap pengikat antara base course dan ATB, yaitu prime coat untuk membersihkan debu memakai air compressor.

Ada beberapa fungsi kenapa di gunakannya prime coat. Yaitu salah satunya dapat memberikan daya ikat kuat antara pondasi agregat dengan campuran aspal.

7. Hotmix

Selanjutnya ada proses pelapisan atas dengan menggunakan material asphalt jenis ATB. Untuk pelapisan tersebut menggunakan mesin TR. Pada proses pelapisan ini lapisan perlu di cor tack coat (lem perekat antara ATB dengan asphalt hotmix).

Kemudian sebelum melakukan pelapisan, juga di lakukan pembersihan debu dengan air compressor. Biasanya jasa pengaspalan jalan Bandung sudah paham akan proses yang satu ini.

Pekerjaan Kami  Jasa Pengaspalan Jalan Bandung

8. Surface Course

Setelah melakukan cor tack coat, maka selanjutnya adalah penghamparan lapisan permukaan dengan menggunakan asphalt hotmix. Penghamparan ini masih menggunakan mesin finisher yang kemudian di padatkan dengan tandem roller.

Ini adalah proses untuk cara pengaspalan jalan manual yang perlu kamu lakukan. Ini adalah proses yang cukup penting. Karena ini adalah proses saat aspal panas mulai di tuangkan ke jalan yang sebelumnya telah direncanakan.

9. Proses Finishing

Proses selanjutnya adalah tahap finishing. Ini adalah tahap dimana sudah melakukan pemadatan serta pemerataan jalan. Dilakukan dengan alat pemadat aspal yaitu alat peneumatic roller.

Kalau sudah ada di tahap ini berarti proses pengaspalan kamu telah berhasil.

10. Selesai

Jika seluruh proses sudah kamu lakukan semua. Maka pengerjaan jalan sudah selesai. Sekarang berarti jalan raya sudah jadi dengan kualitas yang kokoh dan tentunya terbaik.

[njwa_button id=”215″]

Untuk kamu yang ingin coba mengaspal jalan komplek atau jalan desa. Coba melalui https://www.aspalindo.com/ atau kontak kami sehingga tidak perlu lagi mencari cara pengaspalan jalan yang baik. Karena Aspalindo Sebagai Kontraktor Pengaspalan Terpercaya ini yang akan menyelesaikan proses pembuatan jalan yang kamu butuhkan