Fungsi marka jalan perlu kamu ketahui, lho. Hal tersebut sangat penting apalagi jika sering berkendara di jalan raya. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu marka jalan. Selain itu juga di jalan akan banyak yang namanya rambu lalu lintas. Sehingga untuk pengguna jalan sudah tidak asing lagi dengan fasilitas tersebut, ya.

Untuk marka jalan sendiri mempunyai pengertian, fungsi, serta jenis. Sehingga kamu perlu menyimak bacaan di bawah ini, supaya paham apa itu marka di jalan dan fungsinya. Karena kita akan bersama-sama untuk membahas mengenai informasi tersebut.

Penjelasan Fungsi Marka Jalan Yang Wajib Kamu Pahami Agar Aman

Fungsi Marka Jalan Simak Rangkuman Berikut

Mengetahui apa itu marka jalan sangat wajib untuk kamu perhatikan, supaya aturan lalu lintasnya berjalan dengan teratur. Penjelasan mengenai marka di bawah dapat kamu simak. Karena memahami arti dari fasilitas tersebut juga dapat membantu, untuk mengurangi risiko yang bahaya ketika berkendara.

Pengertian dari Adanya Marka Jalan

Merupakan suatu tanda yang berada di permukaan jalan, dengan bentuk berupa garis yang membujur, melintang, maupun serong.  Fungsi marka jalan paling utama sebagai batas, serta untuk membantu dalam mengatur arus dari kendaraan yang melintas di jalan.

Ada 2 versi untuk gambarnya yaitu lurus atau putus-putus dengan ciri khas warna putih, fungsi yellow box junction (kuning), atau merah, ya. Negara Indonesia dalam masalah ini sudah diatur pada peraturan menteri perhubungan,  nomor 67 tahun 2018 lalu.

Pekerjaan Kami  Perusahaan Marka Jalan Terbaik dan Terpercaya di Aspalindo

 Fungsi Marka Jalan Berdasarkan Bentuknya

Dibedakan mulai dari patah-patah, berkelok, atau yang lurus. Untuk setiap bentuk tersebut mempunyai makna tersendiri, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bentuk Memunjur

Untuk yang garis utuh yang mempunyai makna, jika kendaraan tidak boleh melewati batas jalur tersebut dan juga mendahului kendaraan lain. Untuk garis yang putus-putus berarti kamu boleh berpindah jalur, dengan melewati kendaraan lain. Lalu untuk fungsi marka jalan dengan garis ganda utuh yang berarti sebagai pembatas, biasanya berada di jalan perkotaan saja.

2. Marka jalan dan fungsinya dengan Bentuk Melintang

Paling banyak dibuat dengan gambar marka jalan dan fungsinya misal nama sebagai zebra cross, yang berfungsi sebagai tempat penyebrangan. Serta simbol untuk kendaraan, agar berhenti di belakang marka saat lampu merah. Selain itu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, yang biasanya ditimbulkan oleh pengendara yang tidak tertib, pembuatanya juga harus menggunakan mesin marka yang sesuai standart agar bentuk dan fungsinya bisa dihasilkan dengan maximal.

3. Berbentuk Serong

Sebagai simbol jika akan ada jalan bercabang di depannya, biasanya akan banyak kamu temukan untuk jalan-jalan tol di perkotaan, ya. Selain itu juga bisa menjadi tempat area mobil berhenti ketika bermasalah.

4. Berbentuk Lambang

Sebuah tanda seperti gambar dengan tujuan untuk mengulangi, maksud dari rambu lalu lintas yang sudah kamu lewati. Sebagai gambar untuk memberitahu pengguna jalan, yang belum begitu paham mengenai arti rambu lalu lintas.

Selanjutnya untuk marka jalan yang berwarna kuning mempunyai arti sebagai jalan nasional, dan dipelihara oleh pemerintah pusat. Sehingga jika ada kerusakan jalan maka hal tersebut menjadi tanggung jawabnya.

Sebuah fungsi marka jalan juga dapat kamu artikan sebagai simbol rambu lalu lintas, yang berupa gambar dengan bentuk yang berbeda. Bertujuan sebagai arahan untuk arus kendaraan dari pengguna jalan.

Pekerjaan Kami  Jual Alat Marka Jalan Terbaik Berbagai Pilihan di Aspalindo

Perbedaan Rambu dengan Marka Jalan

Sama-sama sebuah petunjuk namun jika marka jalan dibuat pada badan jalan seperti garis, sedangkan rambu berupa lempengan logam yang bertengger di sisi jalan.

Rambu lalu lintas mempunyai 4 jenis diantaranya sebagai rambu petunjuk, perintah, larangan, dan juga peringatan. Warna dasar dari rambu lalu lintas yaitu biru dengan arti sebagai perintah, biasanya berada di perempatan yang ada traffic lightnya. Sedangkan rambu dengan makna larangan akan di beri warna merah, dan kuning yang berarti simbol peringatan.

Jumlah Rambu Lalu Lintas

Ada banyak jumlah untuk rambunya, kamu yang belum tahu dapat menyimak penjelasan berikut. Rambu larangan 3, peringatan sebanyak 67 unit, lalu petunjuk 4 unit, perintah 2 unit, dan untuk total semuanya menjadi 76 unit rambu lalu lintas.

Sehingga sangat wajib untuk kamu memperhatikan semua rambu, serta fungsi marka jalan yang ada. Dengan hal itu maka secara tidak langsung kamu juga mengurangi untuk risiko kecelakaan di jalan.

Rambu dengan tulisan 42 m, ternyata mempunyai arti khusus, yaitu bagi kendaraan yang memiliki ketinggian lebih dari 4,2 m maka tidak akan boleh melewati jalan tersebut. Sedangkan untuk arti simbol 60 km berarti untuk semua kendaraan, supaya melaju dengan batas kecepatan maksimum adalah 60 km/jam.

Pengertian dari Paku Jalan

Salah satu perlengkapan yang ada di jalan raya dengan pemantul cahaya reflektor yang berwarna merah, kuning, atau putih terutama saat malam hari.

Penjelasan detail rangkuman mengenai fungsi marka jalan, sehingga kamu akan lebih paham untuk pengertiannya. Tentunya pembuatan marka jalan ini harus di tangani oleh tenaga kerja profesional yang sudah ahli dan mengerti ketentuan di bidangnya. Anda bisa menghubungi Aspalindo untuk berkonsultasi maupun info seputar pembangunan  jalan dan marka. hubungi 021-5541900 (Kantor) atau 081 7591 900 (Mobile).

Pekerjaan Kami  Daftar Harga Marka Jalan termurah di Aspalindo